Resep Ayam Betutu Gilimanuk

Resep Ayam Betutu Gilimanuk Panggang khas bali. Jangan salah ayam ala betutu banyak macamnya dan cara membuatnya, ada di goreng, kukus, kuah basah dan panggang tanpa daun singkong. Nah kali admin akan memberikan cara buat yang khas gilimanuk, emang apa perbedaaannya?.

Ayam Betutu khas Bali memang terkenal, bagi penyuka pedas harus coba, karena bakal nendang di lidah. yang lebih mantap mungkin langsug datang kesana dan merasakan betapa nikmat dan lezatnya masakan ini, jadi asli banget dong ya, cuma jatuhnya jadi mahal karena ongkosnya lumayan, hehehe.

Resep Ayam Betutu Gilimanuk Bali

 
Author: 
5.0 stars based on 13 reviews
Informasi Nutrisi Ayam Betutu
  • Serves: 6
  • Kalori: 337 cal
  • Lemak: 16.4 g
  • Karbohidrat: 22.4 g
  • Protein: 24.8 g
  • Kolesterol: 67 mg

Wkt Persiapan: 
Wkt Memasak: 
Total waktu: 

Resep Ayam Betutu
Resep masakan Ayam Betutu khas Gilimanuk




Bahan daging ayam memang paling enak untuk diolah, diapain aja pasti enak, misalnya resep ayam bakar bumbu rujak, nah kali ini ada khas masakan dari bali pulau dewata,, rasanya pedas dengan bumbu yang kaya, silahkan lanjutkan baca resep cara membuat ayam betutu khas gilimanuk.
BAHAN DAN BUMBU
  • 1 ekor ayam Kampung
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 3 batang sereh, diiris halus
  • 500 ml santan


BUMBU halus Ayam Betutu :

5 buah cabai merah
16 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
3 cm kunyit
2 cm kencur
1/2 sendok teh merica
4 buah cabai rawit
1 sendok teh ketumbar
2 sendok teh terasi
11/2 sendok teh garam

RESEP CARA MEMBUAT AYAM BETUTU GILIMANUK
  1. # Pertama tama bakar ayam ½ matang dulu, lalu angkat.
  2. # Kemudian bumbu halusnya ditumis hingga keluar aroma harum.
  3. # Beri daun jeruk, sereh dan tuangkan santan, dimasak rada kental.
  4. # Setelah itu masukkan ayam utuh dan masak sampai bumbu kering dan juga meresap, angkat.
  5. # Selanjutnya bunda ratakan bumbu pada ayam lalu panggang dalam oven atau bakar dengan arang, panggang sampai matang, kelar juga ya Ayam Betutu kita nih.

Untuk Pembuatan Resep Ayam Betutu, Ayam kampung nyatanya dagingnya lebih sedikit kandungan air, serta kandungan lemaknya, juga rendah nilai bahan kimia beresiko. Nah untuk daging ayam kampung sendiri lebih keras, berarti bila dimasak cepat jadi masih tetap keras struktur dagingnya, jadi mesti dimasak agak lama atau memberikan sebagian bahan yang umum dipakai untuk mempercepat lunaknya daging ayam kampung. Sekali lagi ayam kampung lebih sehat bila dibanding ayam potong, yakni harga nya juga lebih mahal ayam kampung, terlebih ayam kampung yang benar benar dipelihara dengan cara alami dengan kata lain maka dari itu mencari sendiri ditempat sekitar lingkungan kita untuk dijadikan resep Ayam Betutu, bukanlah ayam kampung yang berniat dipelihara serta di besarkan dengan cepat. Buat anda yang perduli dengan kesehatan baiknya anda tentukan ayam kampung sedikit lebih mahal untuk dibikin ayam betutu tuk keluarga anda daripada menumpuk racun pada badan denga pilih ayam potong yang sedikit lebih murah.
lihat saja bahan dan bumbu Ayam Betutu gilimanuk yang ada di resep kami ini atau baca ini, cabainya banyak banget. oh iya perbedaan pembuatan ayam ala betutu gilimanuk dan Taliwang atau kota lain di bali apa sih ?, perbedaan yang mencolok yaitu mereka tidak menggunakan daun singkong sebagai isian perut ayam, jadi kosong saja, sedangkan cara masaknya terserah mau diapain bakar/panggang diatas bara atau masukan ke oven, goreng kering atau di bungkus daun pisang lalu di kukus, makan sama sambal matah.

Begitulah cerita tentang cara membuat ayam betutu khas gilimanuk ini, tak sulit dan terasa mudah kalau sudah sering melakukannya, awas hati-hati bagi yang kurang kuat pada perutnya karena rasa makanan bali ini sangat pedas apalagi tambah sambal matah. semoga bermanfaat deh Resep Ayam Betutu Gilimanuk kami ini.